Nama
Nabilah fikriyyah
Usia
17
Gender
Perempuan
Domisili
DKI Jakarta
Kepribadian
ISTJ
INTROVERT (I)
87%
EXTROVERT (E)
13%
SENSING (S)
80%
INTUITION (N)
20%
THINKING (T)
73%
FEELING (F)
27%
JUDGING (J)
73%
PERCEIVING (P)
27%

Tipe Kepribadian ISTJ (IntroversionSensingThinking, Dan Judging)

The ExaminerThe Duty Fulfiller, atau The Logisticians.



ISTJ merupakan tipe kepribadian yang terdiri dari . Orang dengan tipe kepribadian ISTJ memiliki karakter yang suka berpikir logis, integritas, dan akan mendedikasikan dirinya untuk pekerjaan.

Orangnya itu tenang serta menyukai kehidupan yang aman dan damai. Tetapi, jika sudah menyangkut pekerjaan, seorang ISTJ akan serius dan memiliki motivasi menyelesaikan sebuah pekerjaan sampai sukses.

Orang dengan tipe kepribadian ISTJ dapat meraih kesuksesan dengan ketelitian dan kemampuannya dalam bekerja. Merkeka memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan realistis.

Seorang ISTJ merupakan orang yang dapat dipercaya, loyal, dan kamu bisa mengandalkannya. Mereka bisa diandalkan, baik itu di lingkungan keluarga maupun komunitasnya.

Sebagai orang baik, orang bertipe ISTJ lebih cenderung percaya pada hukum dan tradisi. Mereka akhirnya juga mengharapkan hal yang sama pada orang lain untuk percaya pada hukum dan tradisi. Mereka tidak nyaman jika harus melawan hukum dan aturan yang berlaku.

Kalau kamu seorang ISTJ, sebaiknya kembangkan sisi intuisimu. Soalnya, jika tidak dikembangkan sisi intuisimu, kamu akan terobsesi dengan struktur. Hal ini tentu tidak begitu baik karena bisa jadi kamu akan melakukan segalanya seperti yang tertulis di buku.

Orang dengan kepribadian ISTJ biasanya terfokus pada dunia internal mereka dan fokus terhadap fakta dan detail. Mereka lebih tertarik waktu yang sedang berjalan saat ini dari pada memikirkan masa depan. ISTJ jika punya pilihan, maka akan memilih bekerja sendirian, tetapi kalau diajak kerja bareng juga bisa.



Ciri-ciri Seorang ISTJ

Jika kamu ingin mencari orang yang tipe kepribadiannya ISTJ, bisa coba lihat apakah dia menghargai tradisi atau tidak. Seorang ISTJ juga ingin hidupnya aman dan damai.

Jika bekerja, biasanya mereka akan menyelesaikan pekerjaannya secara detail dan sehingga bekerjanya cukup lama. Kalau kamu mau merekrut mereka untuk bekerja, mereka adalah orang yang loyal dan bisa dipercaya.

Loyal dan terpercaya, mereka emosinya lebih stabil dan rendah hati. Mereka akan lebih mementingkan keluarganya. Seorang ISTJ tidak akan suka diajak untuk melakukan sesuatu yang tidak berarti bagi mereka.

Jika diberi teori yang abstrak, seorang ISTJ tidak menyukainya, tetapi berbeda jika sudah ada aplikasi prakteknya. Mereka juga akan cocok jika dijadikan pemimpin karena di dalam diri mereka sudah tertanam jiwa pemimpin.

Orang yang tipe kepribadiannya ISTJ akan fokus pada fakta, mereka akan berusaha mengumpulkan informasi yang ada. Mereka juga tidak menyukai perubahan, tapi kalau menguntungkan, mereka akan menyetujuinya.



Kekuatan ISTJ

Seorang ISTJ memiliki integritas yang tinggi, mereka akan bekerja keras untuk dapat mencapai tujuan. Jika sudah berkomitmen terhadap suatu hal, maka mereka akan berpegang teguh pada komitmen tersebut.

Jika sudah diberikan amanah, mereka akan bertanggung jawab. Misalkan ketika diberikan tugas menjadi pemimpin, maka mereka akan berusaha menjadi pemimpin yang baik agar tidak membuat yang dipimpin menjadi sengsara.

Dimanapun berada, seorang ISTJ berusaha untuk selalu jujur dan tidak suka bertele-tele. Mereka akan bersikap jujur, sederhana seperti apa yang sebenarnya mereka rasakan.

Jika menghadapi sesuatu, orang bertipe ISTJ cenderung tenang. Mereka akan bekerja dengan baik menggunakan semua sumber daya yang ada pada dirinya. Mereka memilih fokus pada efektivitas daripada empati.

Seorang ISTJ itu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan pada mereka. Selain itu, tingkat kecermatan yang tinggi mengerjakan sesuatu dengan detail.



Kelemahan ISTJ

Orang yang tipe kepribadiannya ISTJ itu keras kepala. Mereka menganggap dirinya selalu benar dalam segala hal.

Jika ada aturan tertulis maka seorang ISTJ akan melakukannya. Hal tersebut tentu membuat mereka terlihat kaki karena melakukan sesuatu berdasar aturan yang ada. Jadi, akan terlihat kaki karena sulit menerima perubahan.

Seorang ISTJ terlalu fokus pada tugas yang diberikan pada mereka agar tetap bekerja dengan efektif. Sehingga, kadang melupakan sekitarnya termasuk perasaan orang lain.

Seorang ISTJ jarang sekali memberi pujian, walaupun itu kepada orang yang mereka sayangi.

Jika ada opini dari orang lain, seorang ISTJ cenderung menghakiminya tanpa mencari tahu terlebih dahulu. Mereka sulit menerima sebuah perbedaan dan terlalu percaya pada fakta yang sudah diketahui oleh mereka.



Partner Alami ISTJ : ESFP atau ESTP

Jurusan Kuliah/Pekerjaan yang cocok untuk tipe ISTJ

  • Akuntan; Dokter; Dokter gigi; Pemimpin militer; Pengacara; Petugas Perpustakaan; Polisi atau detektif; Programmer Komputer



Orang Terkenal Berkepribadian ISTJ

  • Elizabeth II; Evander Holyfield; George Washington; Warren Buffet

Saran untuk yang Bertipe ISTJ

  • Tingkatkan kelebihan yang dimiliki, seperti misalnya menggunakan kemampuan untuk berpikir logis dan pengorganisasian. Dengan meningkatkan potensi yang ada, seorang ISTJ dapat memilih dunia pekerjaan seperti potensinya, contohnya akuntansi, manajemen bisnis, dan industri farmasi.

  • Jangan terlalu cepat menghakimi orang lain. Sebisa mungkin jika ada informasi dan permasalahan yang terjadi, dicari dulu dan dimengerti sehingga tidak membuat penghakiman yang salah.

  • Menahan diri dari keinginan untuk mengontrol orang lain juga perlu. Ingatlah bahwa kebanyakan orang itu tidak suka dikontrol oleh orang lain, walaupun itu adalah atasan mereka. Sebaiknya seorang ISTJ introspeksi dan terlebih dahulu mengontrol apa yang ada pada dirinya sendiri dulu.

  • Perhatikan juga orang lain, jangan hanya memperhatikan diri sendiri. Pahami orang lain mulai dari darimana mereka berasal, kepribadiannya, atau hal apa yang sedang mereka rasakan.

  • Jangan terlalu fokus atau terpatok dengan apa yang ada di aturan. Kadang perlu juga mengambil resiko, misalnya saja melakukan perubahan. Seorang ISTJ perlu mengubah perspektif suatu hal agar dapat membuat hidup menjadi baik.

  • Belajarlah untuk bisa memahami perasaan dan kebutuhan orang disekitar. Sedikit demi sedikit, kurangi keinginan untuk mengontrol orang lain. Lihat orang lain itu bukan hanya dari sisi negatifnya saja, masih banyak sisi positif yang bisa dilihat.